Senin, 25 Agustus 2008

Camping dialam bebas


Camping dialam bebas ? Mengapa tidak ...




Camping bisa jadi merupakan salah satu hobi Anda. Bepergian ke alam bebas yang masih tampak alami setidaknya dapat memberikan suasana baru dalam kehidupan Anda. Terlebih di alam bebas Anda pun dapat menikmati segarnya udara alam yang belum terkontaminasi oleh asap dari sejumlah mesin serta suara bising dari mesin-mesin tertentu.Namun tentunya diperlukan sejumlah persiapan yang sdekiranya dapat Anda lakukan. Satu diantaranya yakni persiapan mengenai barang apa saja yang sekiranya perlu untuk Anda bawa dalam perjalanan. Nah apa saja yang perlu Anda bawa dalam perjalanan menuju alam bebas ? berikut kami tuliskan sejumlah barang yang perlu untuk Anda bawa.

Tas Camping. :



Bentuk dan ragam tas camping memang banyak di tawarkan. mulai dari yang disesuaikan dengan isi yang akanAnda bawa hingga bentuk yang menarik sekaligus memberikan keamanan pada barang-barang yang Anda bawa. Namun tentunya pemilihan tas akan Anda lakukan dengan berdasar pada kebutuhan Anda. Karena dengan begitu Andadapat menentukan tas dengan ukuran mana yang sekiranya akan menjadi pilihan. Namun sebagai masukkan, pastikan tas yang Anda pilih dapat bertahan dalam segala medan dan kuat dari segala macam cuaca. Karena siapa tahu tas Anda justru dapat merusak apa yang Anda bawa.

Matras :



Benda satu ini, memiliki fungsi untuk menjadi alas tempat tidur Anda. Sebab tanpa alat satu ini, maka dapat dipastikan Anda tak dapat tidur dengan nyenyak. terlebih apabila tempat yang menjadi lokasi camping Anda memiliki kontur tanah berbatu terjal. Nah, dengan bantuan matras ini, maka setidaknya batu/kerikil yang terjal dapat diredam ketajamannya.

Sleeping bag:



Untuk peralatan satu ini, Anda mungkin sudah mengetahui bentuk serta kegunaannya. Bentuk yang di pasarkan memiliki banyak sekali macam ragamnya. Ada yang memiliki bentuk mirip kepompong, ada pula mirip dengan selimut lebar dengan ukuran yang cukup besar. Mana yang menjadi pilihan Anda tentunya dapat Anda nilai dengan kebutuhan Anda. Semakin kecil sleeping bag Anda, maka akan semakin mudah untuk memasukkannya ke dalam tas camping. Terlebih tas camping itu sendiri memang didesain minimalis agar mudah untuk d**enakan di belakang punggung Anda. Saat Anda hendak mengenakan sleeping Bag, ada baiknya apabila Anda memberikan alas matras terlebih dahulu. karena siapa tahu kontur tanah Anda berbatu terjal dan tajam, atau mungkin juga permukaan tanah yang hendak Anda tempati berumput basah yang memungkinkan untuk membasahi sleeping bag Anda.

Tenda :


ukuran tenda yang kini di tawarkan memiliki banyak jenis dan macam ragamnya. mulai tenda dengan ukuran untuk satu orang, hingga tenda yang memiliki kapasitas cukup besar dan dapat diisi oleh 5 orang sekaligus. Namun Anda jangan terburu-buru untuk memilih peralatan satu ini, pastikan tenda yang Anda pilih tidak bocor dan dapat membuat Anda nyaman saat berada di dalamnya. sebab tak jarang ada juga tenda yang ditawarkan, namun justru tidak membuat Anda nyaman saat berada di dalamnya. Jangankan untuk masuk, mungkin saat melihatnya saja Anda sudah mulai tak nyaman. Tak hanya itu, produsen tenda yang benarbenar mengerti kebutuihan konsumen, biasanya memberikan banyak fasilitas yang memberikan kenyamanan Anda. terlebih apabila cuaca jkurang bersahabat dan hujan turun dengan derasnya. Produsen tenda akan memberikan satu lapisan khusus yang dapat melindungi tenda Anda dari kebocoran

Peralatan Selama Kemping, Perlu Atau Tidak?

Dalam artikel sebelumnya Anda telah mengetahui 3 peralatan yang sifatnya memang menjadi peralatan paling mendasar. sementara itu berikut ini kami tuliskan sejumlah peralatan tambahan yang sifatnya tak kalah penting dari peralatan sebelumnya.

Jas hujan, benda satu ini sepertinya tak perlu untuk dibawa. Namun jangan salah, terkadang cuaca di alam pegunungan sulit untuk diprediksikan. bisa panas menyengat, namun hanya dalam hitungan menit hujan mengguyur dengan derasnya.

Alat penerangan : Alat penerangan dibutuhkan pada saat malam tiba. Namun, tak jarang pula apabila cuaca tiba-tiba berkabut. karena itu, penting kiranya Anda memilih alat penerangan yang dapat membantu Anda menghadapi kondisi tersebut. Senter dan juga baterai cadangan sepertinya memang paling banyak digunakan. sementara lentra dapat juga menjadi alternatif. terlebih untuk penerangan disekitar lokasi kemping. Namun saat ini, banyak ditawarkan alat penerangan berupa senter yang dapat menembus kabut dengan kemampuan luar biasa.

Peralatan berikutnya yang dapat Anda lengkapi yakni topi dengan bahan wol, sarung tangan, kaos kaki tebal serta sepatu yang khusus untuk dipergunakan dalam track yang cukup keras. Dengan perlengkapan tersebut, Anda dapat mengurangi hawa dingin yang menyerang Anda. Sementara sepatu khusus tersebut bisa memberikan kenyamanan pada kaki untuk menjelajah kawasan pegunungan dengan leluasa.

Lengkapi juga daftar barang-barang Anda dengan pakaian kasual yang mampu menyerap keringat secukupnya sebab selama dalam perjalanan menanjak, terkadang keringat keluar dengan cukup derasnya dan hal tersebut tentunya akan membuat suasana perjalanan Anda semakin kurang berkenan.

Pastikan pula alat tulis dan kompas tak tertinggal dalam daftar perlengkapan Anda. sebab dua alat ini pada situasi tertentu amat dibutuhkan. terlebih bagi Anda yang selalu mencatat setiap detil perjalanan Anda.

P3K serta ransum untuk yang satu ini pastinya tidak akan tertinggal begitu saja. Selama berada ditujuan Anda tak mungkin puasa kan ?? Terlebih alat P3K, karena selama menjalani perjalanan bukan tidak mungkin Anda mengalami kesulitan yang hanya bisa diatasi dengan obat-obatan yang dibawa.

Kompor : peralatan satu ini banyak macam ragamnya, dan mungkin saat sekarang ini sudah banyak jenis kompor kemping yang di tawarkan. Dua diantara jenis kompor yang ditawarkan yakni kompor dengan bahan bakar parafin dan juga gas. Untuk kompor dengan bahan bakar gas, Anda bisa mendapatkan kompor gas lipat yang hanya dihubungkan dengan seutas selang penghubung atau kompor gas biasa yang dlengkapi dengan pematiknya.

Untuk jenis kompor gas pertama yang disebutkan, memang agak riskan karena untuk menyalakan kompor saja diperlukan korek api. Bila Anda trauma dengan letupan kecil pada saat dinyalakannya kompor tersebut, tentunya Anda akan perlu sedikit waspada.

Untuk kompor dengan bahan bakar parafin, Anda dapat membuat sebuah lubang kecil diatas tanah serta susunan batu yang dapat menahan panci saat hendak memasak. Namun sebelumnya pastikan kontur tanah yang ada di sekitar Anda tidak basah. sebab parafin tidak akan mudah menyala jika dalam keadaan basah.

Repot memang, namun parafin cukup awet untuk digunakan untuk memasak dari pada berbahan gas. Selain itu untuk memasukkannya dalam tas camping, parafin tidak memakan banyak tempat. Namun tentu saja baik kompor dengan paravin ataupun gas memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Pastikan Anda membawa pisau lipat serta tali tambang dengan bahan yang cukup kuat. Bagi Anda yang memiliki budget dana cukup besar, tali dengan bahan nilon yang dilapisi dengan serat baja, bisa menjadi pilihan. Bila tidak, maka tambang dengan serat yang cukup kuat dapat menjadi alternatifnya.

Jangan lupa pula kantong plastik untuk membuang sampah sisa dari segala macam makanan selama Anda menempati lokasi camping. Jangan sampai saat Anda pulang, jusru lokasi kemping menjadi kotor.

Surat keterangan dari pemuka atau pemda setempat bisa jadi merupakan hal yang perlu untuk Anda siapkan. Tak hanya itu identitas diri pun jangan sampai tertinggal, karena bagaimanapun Anda tak tahu apa yang akan terjadi selama melakukan perjalanan.

0 komentar:

kpa bass pal © 2008 Template by:
SkinCorner